Minggu, 24 Februari 2013

Jamu Pahitan (Paitan)

PULIH MARI BALI WUTUH PURNA WALUYA JATI
Sambiloto
Jamu Pahitan (Paitan)
Paitan (basa Indonésia: Pahitan) iku salah sijining jamu kang dimanfaataké kanggo werna-wrerna penyakit kang ana nang awak, ananging luwih diutamakaké kanggo penyakit gatel-gatel karo kencing manis . Ana ing masyarakat, pahitan kalebu jamu gendong. saliyané paitan ana jamu kunir asem, jamu sinom, jamu cabe puyang, jamu beras kencur, jamu kunci suruh, jamu kudu laos lan jamu uyup-uyup atawa gepyokan.  Pahitan iku kalebu ombèn-ombèn obat tradisional Jawa kang turun-temurun saka jaman Majapahit .



Bahan-bahané Jamu Paitan
Bahan utama saka jamu iki yaiku sambiloto, racikanné bisa namung sambiloto, ananging bisa ugi ditambahi bahan-bahan liya kang rasané ya padha paité kayata bratawali, widara laut, dara putih ugi babakan pule  Ananging ana para tukang jamu liyan kang nambahi empon-empon (oyot-oyotan kang biasa kanggo bumbu masak) kayata kencur, Jaé, bangle, temugiring, kunir, temulawak.

Khasiaté Jamu Paitan
Ora mung penyakit gatel-gatel lan kencing manis, jamu iki bisa kanggo penyakit liya, kayata:
  • cuci darah
  • kurang napsu mangan
  • ngilangke mambu awak
  • ngedunke kolesterol 
  • weteng kembung utawa sèbah
  • jerawat
  • pegèl-pegèl lan
  • mumet
Racikan jamu pahitan

Kasiat Bahané
Gatel-gatel pule, kedawung, widara laut, sambiloto, adas
Gatel-gatel, kencing Manis pule, sambiloto, widara putih
Gatel, kencing manis sambiloto, empon-empon komplit
Gatel-gatel, Nambah napsu mangan sambiloto
Gatel-gatel mambu awak ora enak bratawali, sambiloto
Cuci darah ramuan + imbo sambiloto
medunké kolesterol, cuci darah bratawali, sambiloto
Awak mambu, gatel-gatel sambiloto
Gatel-gatel, weteng sebah sambiloto
Gatel-gatel pule kang uwis dibabak, bratawali, sambiloto
Kencing manis, gatel-gatel, jerawat bratawali, sambiloto, pule kang uwis dibabak

Carané Gawe Jamu Paitan
Carane anggawe jamu iki yaiku  :
  • godok bahané kabeh nganti banyu godokan mung gari setengahe, maksude supaya zat berkhasiat saka bahan-bahan mau bisa larut neng banyu godokan.
  • banyu godokan kalamau wis bisa didadekake obat.
Khusus jamu paitan iki, ora diwenehi gula atawa bahan pemanis liya. kanggo ngilangké rasa pahit,konsumèn ngombé jamu gendong liya kang anduweni rasa kang manis tinuli seger kayata jamu sinom atawa kunir asem.

Jamu Pahitan
Brotowali

Jamu pahitan dimanfaatkan untuk berbagai masalah kesehatan. Penjual jamu memberikan jawaban yang bervariasi tentang manfaat jamu ini, namun utamanya adalah untuk gatal-gatal dan kencing manis. Penjual yang lain mengatakan manfaatnya untuk 'cuci darah', kurang nafsu makan, menghilangkan bau badan, menurunkan kolesterol, perut kembung/sebah, jerawat, pegal, dan pusing.

Khusus untuk jamu pahitan, ternyata tidak semua pembuat jamu mampu meracik sendiri bahan-bahannya. Enam orang mengatakan membeli racikan jamu pahitan dan pada umumnya dibeli di tempat asalnya, yaitu dari peracik jamu di Solo. Bahan baku dasar dari jamu pahitan adalah sambiloto. Racikan pahitan sangat bervariasi, ada yang hanya terdiri dari sambiloto, tetapi ada pula yang menambahkan bahan-bahan lain yang rasanya juga pahit seperti brotowali, widoro laut, doro putih, dan babakan pule. Ada pula yang mencampurkan bahan lain seperti adas dan atau empon-empon (bahan rimpang yang dipergunakan dalam bumbu masakan).

Pembuatan jamu pahitan adalah dengan merebus semua bahan ke dalam air sampai air rebusan menjadi tersisa sekitar separuhnya. Cara ini dimaksudkan agar semua zat berkhasiat yang terkandung dalam bahan dapat larut ke dalam air rebusan. Sebagai hasil akhirnya, diperoleh rebusan dengan rasa sangat pahit. Khusus jamu pahitan, tidak diberikan gula atau bahan pemanis lain. Sebagai penawar rasa pahit, konsumen minum jamu gendong lain yang mempunyai rasa manis dan segar seperti sinom atau kunir asam.

Jamu Paitan, Perawatan Anti-aging yang Sehat dan Merakyat, sebagai Substituen Operasi Facelift
Jamu Pahitan

Kecantikan bagi seorang wanita merupakan anugerah yang tak ternilai dari Yang Maha Kuasa. Arti cantik sesungguhnya tidaklah cukup hanya yang telihat dari penampilan fisik seseorang yang menarik, tetapi kecantikan sejatinya ada dalam diri setiap manusia, tersimpan dan dibawa sejak lahir. Namun, kerap kali kaum wanita melupakan hal tersebut sehingga sering kita jumpai wanita yang hanya menjaga dan merawat tubuh mereka dari bagian luar tubuh mereka.  Salah satu perawatan tubuh yang sering dilakukan oleh kaum wanita adalah perawatan anti-aging. Kerutan-kerutan serta tanda-tanda penuaan yang mulai muncul merupakan salah satu faktor penyebab kaum wanita melakukan berbagai perawatan anti-aging. Hal ini dikarenakan oleh kesadaran yang tinggi dari kaum wanita dalam menjaga penampilan fisik agar tetap terlihat cantik, menarik dan awet muda. Banyak dari kaum wanitaberusaha untuk mencegah terjadinya penuaan dini melalui perawatan anti-aging pada bagian luar tubuh mereka yakni dengan membeli produk-produk atau krim anti-aging yang harganya tidak murah, bahkan ada beberapa yang melakukan operasi (operasi  facelift) demi menghilangkan kerutan yang mulai nampak. Namun,  jarang  ditemukan  kaum wanita yang melakukan perawatan tubuh untuk merawat bagian dalam tubuh mereka. Padahal, salah satu konsultan dari Perkumpulan Awet Sehat Indonesia (PASTI), Freddy Wilmana, mengatakan bahwa konsep anti-aging  yang seharusnya adalah awet sehat, yakni seseorang memiliki vitalitas dan kesehatan terbaik.

Tradisi merupakan salah satu cara yang dapat digunakan sebagai salah satu perawatan anti-aging. Salah satu tradisi yang dapat dijadikan sebagai salah satu perawatan  anti-aging adalah tradisi meminum Jamu Paitan. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan, zat yang terkandung dalam Jamu Paitan dapat membantu tubuh dari dalam untuk mengurangi risiko penuaan kulit dan menjaga fungsi organ tubuh dari efek radikal bebas. 
Mengapa Jamu Paitandapat dijadikan sebagai salah satu perawatan anti-aging ? Bagaimana Jamu Paitan, sebagai perawatan anti-aging, dapat menjadi substituen Operasi Facelift ? Hal tersebut perlu dibahas lebih lanjut untuk mengetahui manfaat Jamu  Paitan  sebagai perawatan  anti-aging serta perannya sebagai substituen Operasi  Facelift. Sehingga masyarakat khususnya para wanita dapat lebih mengetahui tentang perawatan anti-aging dengan Jamu Paitan ini.

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan hasil alamnya. Masyarakat yang multikultural membuat budaya di satu daerah dengan daerah lainnya memiliki keanekaragaman.  Salah satunya adalah budaya minum jamu. Budaya ini berasal dari masyarakat jawa yang terkenal dengan obat tradisionalnya. Diracik dari hasil alam Indonesia sendiri,  jamu yang semula hanya tradisi turun temurun kini  menjadi  tradisi  yang  telah menjadi kebiasaan di Indonesia. Jamu Paitan adalah ramuan tradisional dengan bahan baku seperti sambiloto, brotowali, widoro laut, doro putih dan babakan pule, serta terasa pahit di lidah. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan, zat yang terkandung dalam Jamu Paitan dapat membantu tubuh dari dalam untuk mengurangi risiko penuaan kulit dan menjaga fungsi organ tubuh dari efek radikal bebas. Namun, kaum wanita masa kini cenderung memandang sebelah mata  ramuan tradisional dan lebih memilih metode yang lebih modern sebagai perawatan anti-aging, salah satunya adalah Operasi Facelift.

Jika ingin terlihat lebih muda dari usia sebenarnya, operasi pengangkatan kulit wajah atau yang lebih dikenal dengan Operasi Facelift merupakan tindakan yang kerap dilakukan oleh kaum wanita sebagai perawatan  anti-aging. Operasi  Facelift ini bertujuan untuk menghilangkan kerutan-kerutan, baik di sekitar mata, bibir (garis senyum), serta pada dahi. Selain itu, operasi ini juga akan  membuat kulit wajah menjadi kencang. Namun, perlu disadari bahwa Operasi Facelift ini memiliki risiko yang berdampak buruk bagi kesehatan. Kemungkinan komplikasi setelah operasi dapat terjadi, seperti pendarahan, kerusakan saraf, alergi anestesi, kelumpuhan otot, dan yang paling parah dapat menyebabkan kematian. Selain itu, perawatan  anti-aging  melalui Operasi  Facelift  membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga masyarakat, khususnya kaum wanita, yang kurang mampu, tidak dapat merasakan dampak dari Operasi Facelift ini.

Dalam upaya untuk melakukan perawatan  anti-aging  yang mampu merawat bagian luar dan bagian dalam tubuh serta bebas risiko, sebaiknya  Operasi  Facelift disubstitusi dengan mengkonsumsi Jamu Paitan. Di samping harga yang cukup terjangkau, sehingga dapat  dikonsumsi kaum wanita yang kurang mampu, Jamu  Paitan juga memiliki manfaat yang menjadikannya lebih unggul dibandingkan dengan Operasi Facelift. 
Dengan komposisi bahan – bahan alami seperti sambiloto, brotowali, widoro laut, doro putih, dan babakan pule, Jamu Paitan hadir sebagai jamu yang kaya manfaat. Kandungan andrografin, androfolit dan panikulin dalam sambiloto merupakan antibiotika alami. Zat ini membantu tubuh dari dalam untuk mengurangi risiko penuaan kulit dan menjaga fungsi organ tubuh dari efek radikal bebas.

Ekstrak sambiloto mampu meningkatkan pertahanan tubuh terhadap  infeksi yang menurunkan kualitas organ dalam tubuh, termasuk jaringan kulit. Biasanya, bahan ini dimanfaatkan dalam bentuk kering atau ekstrak daun, batang, akar, dan bunga agar tahan lama. Proses pembuatannya pun tergolong cukup mudah, yaitu dengan merebus semua bahan ke dalam air sampai air rebusan menjadi tersisa sekitar separuhnya. Hal ini dimaksudkan agar semua zat berkhasiat yang terkandung dalam bahan dapat larut ke dalam air rebusan. Sebagai hasil akhirnya, diperoleh rebusan dengan rasa pahit. 
Di balik rasanya yang pahit, Jamu Paitanjuga  memiliki beberapa khasiat yang erat kaitannya dengan perawatan  anti-aging yakni merawat tubuh bagian dalam dengan menjaga sel sel tubuh agar tetap muda dan tidak terjadi penuaan dini sebelum waktunya serta meningkatkan dan menjaga metabolisme tubuh agar tetap sehat dan bekerja secara normal. Tidak hanya itu, Jamu  Paitan juga berguna untuk merawat tubuh bagian luar dengan menjaga kulit tubuh  agar tidak gelap, segar, halus dan bercahaya serta mengencangkan seluruh otot - otot tubuh agar tetap terlihat awet muda.

Penuaan adalah sesuatu yang pasti, tetapi kita dapat menghambatnya beberapa saat. Keberhasilan perawatan  anti-aging dengan mengkonsumsi Jamu  Paitan dapat terwujud apabila direalisasikan secara teratur, sehingga dapat merasakan khasiatnya secara maksimal. Manfaat dari Jamu  Paitan ini juga dapat dinikmati oleh masyarakat yang kurang mampu, karena harganya yang terjangkau dan merakyat serta bahan bakunya yang sering dijumpai, baik di pusat-pusat perbelanjaan maupun pasar tradisional. Selain itu, perawatan anti-aging dengan mengkonsumsi Jamu Paitan lebih bebas risiko dibandingkan dengan Operasi Facelift.
Dengan demikian, Jamu Paitan sebagai perawatan anti-aging yang sehat dan merakyat dapat dijadikan substituen Operasi Facelift.

1 komentar:

  1. BLOG YANG BAGUSSS.., MANFAATKAN BLOG ANDA UNTUK MENGHASILKAN UANG...

    PELUANG KERJA SAMPINGAN DENGAN SYSTEM ONLINE

    CARI BANYAK KARYAWAN/TI GAJI 15JT/BLN
    http://www.facebook.com/peluangkerjaonline
    1. Penawaran Gaji pokok 2 jt/bln
    2. Segala Jurusan SMU, SMK, D1, S1 dll
    3. Kerja Secara Online
    4. Per Entry Anda dibayar 10 Rb Rupiah, Bila Sehari Anda Sanggup Meng’Entry 50 Data Maka Gaji Anda 10RbX50Data=500Rb Rupiah/Hari. Dalam 1 Bulan 500RbX30Hari=15Juta/Bulan.
    5. Tugas dpt dikerjakan melalui HP, Warnet, dll (yg trhubung dg internet)
    6. Cara Pendaftaran: Kirim Nama & Alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami dibawah iklan ini, kemudian klik menu "Join Now" & isi form pendaftaran anda, lalu cek email anda utk verifikasi keanggotaan.

    http://newkerjaonline2013.blogspot.com/

    BalasHapus